Pengertian Apa itu Otoritas Domain? +5 tips meningkatkannya

 Jika Anda mencoba meningkatkan peringkat website, untuk berada dihalaman 1 Google, maka pasti akan menemui istilah Domain Authority (DA). Para ahli SEO juga akan memberi tahu Anda, untuk meningkatkan skor otoritas domain Anda.
Selanjutnya, akan timbul pertanyaan di pikiran Anda; Apa itu otoritas domain? Bagaimana DA yang baik? Bagaimana cara meningkatkanya?
Istilah otoritas domain, sebenarnya bukan ditetapkan ole Google. Melainkan diperkenalkan oleh MOZ, salah satu pakar SEO di tingkat global.  Ini semacam skor yang diukur berdasarkan banyak factor (metrik).
Otoritas domain, cukup mewakili, jika Anda ingin mengukur pencapaian strategi SEO offpage Anda.
Tidak ada angka pasti dalam hal otoritas domain, tetapi ada beberapa praktik terbaik yang dapat Anda ikuti, untuk meningkatkan skor dan peringkat Anda dalam hasil pencarian.
Pada kesempatan ini, saya akan memberi 5 tips. Tentang cara meningkatkan Otoritas Domain. Jika Anda membutuhkan dukungan untuk meningkatkan skor Otoritas Domain, hubungi kami secara online. Kita dapat tentang strategi layanan SEO professional kami.

Apa itu Otoritas Domain yang baik?

Pertanyaan terbesar seputar skor Otoritas Domain adalah, “Apa itu Otoritas Domain yang baik?” Banyak pemilik website menanyakan pertanyaan ini. Dengan harapan mengetahui angka ideal, untuk pencapaian peringkat terbaik di hasil pencarian Google.

Bagaimana skor Domain Authority yang baik?

Yang benar adalah, tidak ada angka ideal atau spesifik, yang perlu Anda capai untuk berhasil.
Skor Otoritas Domain Moz, mulai dari 1-100. 1 adalah skor terburuk, sedangkan 100 adalah yang terbaik. Banyak bisnis kemudian terinspirasi untuk mencapai skor otoritas domain 100. Karena dianggap berada di puncak skor.
Tapi Anda perlu tahu, dan catat baik-baik, perusahaan besar seperti Amazon saja, tidak memiliki skor 100 sempurna!
Jadi, tidak ada skor Otoritas Domain “baik” atau “buruk” yang spesifik.
Memiliki skor domain 55 mungkin terlihat “buruk,” sementara skor domain 85 mungkin tampak “baik”. Ketika itu dikaitkan dengan angka 100 sebagai puncak tertinggi. Ini boleh jadi benar, jika tujuan Anda untuk pamer skor. Atau ketika ada perlombaan skor otoritas domain.
Tapi tidak sepenuhnya benar, jika tujuan Anda adalah untuk optimasi SEO website. Memiliki skor tinggi hingga mendekati 100, bukan menjadi barometer utama.  Dan satu lagi, faktanya memang tidak ada yang mencapai angka sempurna. Karena, Otoritas Domain adalah metrik perbandingan.






Otoritas Domain Amazon
Otoritas Domain Amazon

Berapa skor otoritas domain yang ideal?

Untuk menghitung skor otoritas domain yang ideal untuk sebuah website, hal utama yang paling penting adalah, anda harus tahu berada pada ceruk pasar dimana. Kata kunci apa yang Anda targetkan. Anda berspesialisasi dimana? Menjawab pertanyaan ini, akan sedikit lebih mengkerucut dari pertanyaan global.

Sehingga, jawabannya mendekati kata spesifik.

Skor Otoritas Domain sangat tergantung pada kompetisi daring langsung Anda. Kompetisi ini mencakup perusahaan yang mendapat peringkat dalam hasil pencarian, untuk kata kunci yang sama dengan bisnis Anda. Mereka juga memiliki ukuran dan skala bisnis yang serupa dengan Anda. Anda berada dipasar yang sama . Berada dalam kolam yang sama.
Jika Anda memiliki bisnis layanan jasa border misalnya. Baca; study case SEO Ultimate. Maka, Anda tidak perlu membandingkan diri dengan website lain. Anda cukup membuat target dalam liga sendiri. Itu sudah lebih dari cukup. Anda tidak perlu bersaing dengan web besar, seperti Walmart dan Amazon. Atau ngapain pula, membandingkan skor Anda dengan website raksasa facebook atau Wikipedia. Itu malah akan membuat Anda tenggelam dalam upaya peningkatan skor otoritas domain yang panjang. Yang berdarah-darah. Dan membuat usaha jasa bordir Anda gagal!…
Sebagai gantinya, Anda dapat melakukan analisis sederhana. Dengan melihat website yang berada di arena Anda. Anda cukup melihat layanan jasa border lain. Atau toko pakaian berskala kecil dengan ukuran yang sama dengan bisnis Anda.
Ya.. cukup menganalisis website yang menggunakan kata kunci, target Anda. Jika Anda menemukan sepuluh website yang sama. Untuk upaya meningkatkan SEO website Anda, ber fokus lah pada ceruk bisnis ini. Lihat dan bandingkan skor domain mereka dengan Anda.

Skor otoritas domain 16+ merajai halaman pencarian

Jadi, skor Otoritas Domain yang baik, hanya bergantung pada pesaing Anda. Anda bisa berjuang untuk meningkatkan skor Otoritas Domain tertinggi, hanya dari pesaing Anda. Tidak perlu melakukan upaya untuk menandingi skor otoritas domain google.com.
Jika semua pesaing langsung Anda, memiliki skor antara 40 dan 50, skor domain yang baik untuk bisnis Anda, cukup di antara 55 dan 60. Ini sudah lebih dari cukup untuk membantu website Anda, berdiri di atas pesaing. Dan memiliki peluang lebih baik, untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman 1 google.
Contoh layanan jasa bordir yang saya sebutkan diatas, bukan sebagai analogi. Melainkan contoh kasus real. Dimana saya telah mengoptimasi website client saya. 3 client pada pasar yang sama. Dan semuanya, berada dihalam 1 Google. Ketiganya, cukup dengan pencapaian skor domain otoritas 16. Sudah mampu melampaui pesaing mereka.
Anda silahkan search di Google dengan kata kunci; jasa bordir atau jasa bordir komputer. Jika yang muncul adalah domain digitalbordir.com, bordirjakarta.com, dan bordir.co.id, maka itu adalah client dari layanan jasa SEO professional kami.
Anda tertarik? Dapat melihat-lihat di landingpage Jasa SEO Profesional kami.

Bagaimana cara Moz menentukan skor otoritas domain Anda?

Saat Anda berusaha mencapai skor Otoritas Domain yang baik, penting untuk memahami bagaimana Anda mendapatkan skor Anda. Meskipun algoritme Moz adalah rahasia, ada beberapa sinyal yang diketahui yang membantu meningkatkan skor Anda:
  • Backlink domain root
  • Sinyal sosial
  • MozRank
  • Konten berkualitas
  • MozTrust
  • Optimasi SEO onpage (SEO)
Faktor-faktor ini, hanyalah beberapa metrik dari lebih 40 faktor lain yang digunakan Moz. Dalam menghitung skor domain Anda.

5 tips untuk cara meningkatkan Otoritas Domain

Saat Anda sudah tahu cara menentukan skor Otoritas Domain ideal untuk website Anda, saatnya untuk melihat bagaimana cara meningkatkan otoritas domain Anda saat ini juga.
Sebelum Anda berada dalam arena perang suci untuk meningkatkan otoritas domain, perlu anda ketahui dan catat baik-baik, ini bukan kerja mudah. Jadi modal utama yang harus Anda miliki adalah, tekad yang kuat dan siap bekerja keras. Lebih keras lagi. Karena Anda menghadapi beberapa website yang telah mapan duluan!..
Jika ragu-ragu, Anda boleh meninggalkan halaman ini. Perbanyak berdo’a dan menunggu keajaiban. Bisa jadi algoritma mesin pencari dalam kondisi error. Dan tanpa sengaja menetapkan rangking Anda diatas pesaing Anda. Mungkin persentase nya nol koma sekian, tapi kan bisa saja Anda adalah orang paling beruntung di dunia. Hohoho…
Pertama, penting untuk dicatat, bahwa, lebih mudah untuk meningkatkan skor domain Anda dari 1 menjadi menjadi 2. Dari 20 menjadi 30. Ingat, untuk menaikkan satu digit angka saja, itu perlu proses kerja nyata dan waktu.
Anda tidak dapat dengan cepat meningkatkan skor Anda dalam semalam, jadi Anda butuh waktu untuk mengoptimalkan dan mendapatkan skor otoritas domain yang lebih tinggi.
Baca juga; Tingkatkan Domain Authority Seperti BOS
Mari kita lihat lima cara untuk meningkatkan Otoritas Domain:

1. Ikuti strategi praktek SEO terbaik

Jika Anda ingin meningkatkan Otoritas Domain Anda, mulailah dengan mengikuti praktik terbaik SEO. Mengikuti struktur optimasi industri SEO professional, akan membantu Anda terus meningkatkan peringkat. Dan tentunya, hasil pencarian sekaligus memperkuat skor otoritas domain Anda.
Anda perlu mengoptimalkan konten di halaman Anda. Ini akan membantunya tampil lebih baik dalam hasil pencarian.
Optimalisasi SEO Onpage, meliputi elemen-elemen seperti:
  • Tag judul
  • Tag alt gambar
  • Deskripsi meta
  • Kata kunci
Setiap elemen ini memainkan peran penting dalam peringkat SEO Anda.
Secara umum, SEO onpage penting bagi Otoritas Domain Anda. Dengan mengikuti optimasi yang diperlukan untuk SEO, Anda akan membantu meningkatkan peringkat dan Otoritas Domain Anda.

2. Buat konten yang berpotensi ditautkan

Jika Anda ingin tahu cara meningkatkan Otoritas Domain, mulailah dengan membuat konten yang dapat ditautkan. Konten memainkan peran penting dalam meningkatkan skor Anda, sehingga Anda perlu menginvestasikan waktu dan upaya untuk membuat konten hebat. Yang ingin dibagikan orang.
Jadi, bagaimana Anda membuat konten berkualitas tinggi yang berpotensi ditautkan?
Pertama, mulailah dengan memilih kata kunci yang relevan untuk konten Anda. Pilihan kata kunci, sangat penting. Karena menentukan tempat Anda muncul dalam hasil pencarian. Pilih kata kunci yang relevan dengan industry, untuk membantu mengarahkan lalu lintas yang tertarik. Dan mendapatkan tautan dari otoritas industri.
Saat Anda membuat konten, fokuslah pada kualitas daripada kuantitas. Konten berkualitas tinggi akan memberi audiens Anda pengalaman lebih baik, ini dapat memotivasi mereka untuk membagikan konten Anda. Ini akan mendorong hasil yang lebih baik untuk bisnis Anda.
Selain itu, Anda perlu mempublikasikan konten secara berkala. Disini, kuncinya adalah konsistensi. Jika Anda secara konsisten mendistribusikan konten, Anda menciptakan lebih banyak peluang bagi situs otoritatif untuk memberi tautan ke halaman Anda. Tautan berkualitas tinggi ini akan membantu meningkatkan skor domain Anda.
Secara keseluruhan, fokuslah memposting konten berkualitas tinggi secara teratur.

3. Strategi Backlink

Ini berkaitan dengan strategi pada point ke 2 yang baru saja kita bicarakan diatas. Konten berkualitas berpotensi memberi Anda backlink berkualitas. Ya.. Anda harus mendapat backlink berkualitas tinggi. Itu adalah; backlink dari domain yang memiliki otoritas tinggi.
Saya telah membuat konten dengan judul; Apa itu AMP (Accelerated Mobile Pages) & Manfaatnya untuk website. Dan bang!… Saya mendapat backlink dari website dengan domain otoritas tinggi Wikipedia; https://id.wikipedia.org/wiki/Accelerated_Mobile_Pages
Benar.. tidak mudah untuk mendapatkan backlink dari domain otoritas tinggi. Anda benar-benar perlu strategi yang kuat dan terencana untuk ini. Kecuali Anda mau membeli dari layanan jasa pembuatan backlink DA tinggi. Dan itu harganya sangat mahal.
Atau, silahkan kontak saya untuk konsultasi cara mendapatkan backlink DA 70 – 90+ dengan cara sehat dan berkualitas.
MAU BACKLINK DOMAIN AUTHORITY
Atau, Anda dapat baca artikel strategi backling building;
  • Apa itu Backlink dan Cara Link Building?
  • Aturan baru pembuatan Backlink Google

4. Hapus profil tautan yang buruk







Saat mencoba mendapatkan tautan yang kredibel ke domain, Anda mungkin menerima beberapa tautan yang tidak terlalu bagus ke laman Anda. Bahkan mengandung penyakit. Akan ada website yang menautkan ke profil Anda yang merusak skor Otoritas Domain Anda.
Ini persaingan bung!.. Berada dihalaman 1 Google itu adalah sesuatu!.. Ini soal duit yang dalam jumlah banyak!..
Jika Anda telah mencapai progress otoritas domain yang bagus. Dan tidak mungkin dikalahkan, maka hal yang dapat dilakukan orang-orang diluar sana adalah memberi Anda penyakit. Melalui backlink yang buruk.
Untuk itu, Anda harus menyisir profil tautan Anda.Untuk memeriksa jenis tautan yang Anda terima.
Anda dapat menggunakan alat pemeriksa domain yang menyertakan alat pemeriksa backlink.
Anda dapat menggunakan alat pemeriksa backlink, seperti Ahrefs, untuk melihat situs mana yang terhubung ke konten Anda. Ini memberi Anda kesempatan untuk melihat backlink yang buruk, menghubungi website tersebut, dan meminta mereka menghapus tautan ke situs Anda.
Proses ini juga berlaku untuk tautan di website Anda. Anda harus menyisir website Anda, dan memeriksa tautan di halaman Anda. Hapus tautan yang rusak. Karena itu dapat merusak skor domain Anda.
Dengan menghapus tautan yang rusak, Anda akan membantu meningkatkan peringkat domain Anda. Anda akan semakin mendekati skor Otoritas Domain yang baik. Karena itu dianggap situs yang kredibel dan otoritatif.

5. Bagaimana bentuk backlink yang buruk itu?

Anda pernah mendengar frasa “salah pergaulan,” bukan? Ini adalah cara yang cukup akurat, untuk mendefenisikan bagaimana mesin pencari melihat link pada website. Jika Anda mendapat tautan dari website otoritas tinggi, algoritmat mesin pencari berpikir, Anda harus menjadi website otoritas tinggi. Karena web Anda, pergaulannya terdiri dari web-web yang habit. Dan jika Anda mendapat tautan dari website buruk dan spam, well, saya pikir Anda tahu ke mana arahnya.
Meskipun tautan masuk dan keluar adalah faktor peringkat penting untuk SEO, strategi backlink perlu dilakukan dengan hati-hati. Ini berguna untuk melindungi reputasi online domain Anda.
Backlink yang buruk adalah tautan yang berasal dari website yang tidak terlalu tepercaya. Sejak algoritma Penguin berubah pada 2012, Google telah menindak tautan yang buruk. Sebelum Google meluncurkan algoritma Penguin, website melanggar Pedoman Webmaster Google. Atau bisa disebut black hat SEO.
Pada dasarnya, orang membayar untuk tautan, sehingga mereka memiliki peringkat dan otoritas domain yang lebih tinggi — tidak apa-apa. Akibatnya, Penguin diluncurkan. Alih-alih meningkatkan peringkat mereka, pembaruan ini justru menghukum halaman web yang dikaitkan dengan tautan buruk ini.
Jadi Anda perlu berhati-hati dalam hal ini. Baca juga artikel; Cara Membangun Backlink Dengan PBN, Biaya Pertimbangannya
Contoh backlink buruk,  sebenarnya adalah backlink yang bersumber dari situs yang buruk. Atau link dengan anchor teks yang buruk. Seperti yang berhubungan judi, Viagra, porno, atau kata kunci yang melanggar hukum dan etika moral. Ketika Anda mendapat backlink dengan anchor teks seperti; obat untuk aborsi, jelas ini bentuk backlink buruk. Yang harus Anda singkirkan.

6. Tingkatkan tautan internal







Apa itu otoritas domain website
Banyak ahli menyarakan untuk fokus membangun tautan eksternal. Untuk meningkatkan peringkat domain Anda.
Meskipun ini adalah salah satu elemen paling penting, dalam mencapai skor Otoritas Domain yang baik, penautan internal memainkan peran penting, dalam membantu meningkatkan Otoritas Domain. Tautan internal menjaga prospek di situs Anda lebih lama, yang dapat meningkatkan peringkat SEO Anda.
Saat Anda membuat konten, upayakan untuk membuat tautan secara internal ke halaman lain di situs Anda. Tautan internal ini, menjaga pengunjung di website Anda lebih lama. Dan membuatnya terlibat di halaman Anda. Ini juga memudahkan mesin pencari untuk mengindeks halaman Anda. Sehingga Anda dapat tampil di lebih banyak hasil pencarian.
Anda harus tahu bahwa, robot crawler algoritma mesin pencari, merayapi website, melalui tautan yang dibangun. Ini semacam jalur-jalur yang akan menjadi jalan bagi robot crawler membaca situs Anda, lebih dalam.
Praktek ini sangat bagus untuk meningkatkan peringkat domain dan SEO Anda.

7. Jadikan situs Anda mobile-friendly

Situ yang mobile friendly, telah menjadi sinyal yang selalu Google ulang-ulang, tentang salah satu foktur pendukung SEO. Tidak hanya itu, Anda juga harus pertimbangkan, orang menghabiskan 70% waktu Internet mereka melalui seluler, tidak mengherankan bahwa web yang didesain mobile-friendly mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian Google.
Desain web yang responsif, membuat semua orang dapat menemukan, melihat, dan berbagi konten Anda. Ini dapat meningkatkan skor domain Anda.

Anda dapat membuat situs mobile-friendly dengan:

Menggunakan desain responsif: Desain responsif memastikan website Anda beradaptasi dengan perangkat apa pun yang digunakan orang. Website Anda akan menskala ke perangkat seluler dan tablet audiens Anda, memastikan mereka dapat dengan mudah menelusuri situs Anda.

Menambahkan elemen seluler ke situs Anda:

Orang-orang menelusuri website Anda pada perangkat seluler berbeda dari pada desktop. Menambahkan elemen seluler, seperti menu dan tombol ajakan bertindak (CTA) dalam jangkauan jari, membantu meningkatkan pengalaman seluler.

Meningkatkan waktu pemuatan halaman:

Saat pengguna mencari, mereka ingin jawaban cepat. Gunakan Google PageSpeed ​​Insights untuk memeriksa waktu pemuatan situs Anda. Bagaimana Anda dapat meningkatkannya. Anda juga dapat berinvestasi dalam layanan kecepatan halaman untuk meningkatkan waktu buka situs Anda.
Menjadikan situs Anda mobile-friendly membantu Anda menciptakan pengalaman yang lebih baik untuk audiens Anda. Dengan situs yang ramah seluler, Anda dapat memperoleh peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian, yang dapat menghasilkan lebih banyak lalu lintas, berbagi, dan tautan, serta skor domain yang ditingkatkan.

Tingkatkan Otoritas Domain Anda Saat Ini

Meskipun Otoritas Domain bukan merupakan faktor langsung dalam peringkat SEO, ini berfungsi sebagai prediktor hebat. Untuk bagaimana Anda akan menentukan peringkat dalam hasil pencarian. Dengan memiliki skor Otoritas Domain yang baik, Anda akan membantu peringkat situs Anda lebih baik dalam hasil pencarian.
Jika Anda ingin meningkatkan skor domain Anda, tim kami di Garuda Website dapat membantu.
Kami adalah perusahaan layanan jasa pembuatan website dan pemasaran digital. Yang menawarkan layanan jasa SEO professional untuk membantu meningkatkan skor domain Anda. Kami tidak sendiri, kami bekerja sama dengan berbagai perusahaan berstandar global. Dan di dukung lebih dari 5000 website yang memungkinkan untuk membangun strategi link building yang baik.
Dikutip Dari