Pentingnya Website untuk Bisnis dan Masyarakat


Mengapa Anda ingin membuat toko baru? Karena ingin memperbesar jaringan bisnis. Mengapa masyarakat mau meluangkan waktu untuk akses internet? Karena masyarakat ingin mencari informasi sesuai kebutuhan.
Dalam hal ini, website akan banyak membantu. Tentu saja membantu karena internet bukanlah barang konsumsi eksklusif saat ini.
Dulu, banyak orang berpikir bahwa membuat website itu mahal lalu website hanya diperlukan jika usahanya memerlukan komputer. Masyarakat pun masih mengandalkan media cetak. Ada kesalahan persepsi di sini.
Berikut akan dibagikan 10 alasan pentingnya memiliki website bagi bisnis dan masyarakat:
Manfaat Memiliki Website Untuk Bisnis
  1. Meningkatkan Kredibilitas dari Bisnis
Saat ini, semakin banyak orang mengakses internet untuk mencari informasi terkait produk dan jasa. Jika tidak memiliki website, calon konsumen atau konsumen akan lari ke kompetitor Anda.
Apabila Anda memiliki website sendiri lalu menata dengan tampilan profesional untuk menjual produk atau jasa, bisnis Anda akan terlihat lebih baik dan mendapat kepercayaan dari pelanggan.
  1. Menghemat Uang
Awalnya orang berpikir jika membuat website profesional membutuhkan biaya mahal. Sebenarnya ini justru biaya yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan tidak memiliki website sama sekali.
Coba bandingkan dengan biaya iklan di koran. Ketika Anda melihat ada pasar potensial yang bisa dijangkau oleh website Anda maka itu adalah cara efektif untuk memperluas jaringan bisnis Anda.
  1. Mudah Diakses
Website Anda akan mudah diakses oleh Anda sendiri dan juga konsumen potensial setiap detiknya bahkan saat toko offline Anda tutup.
Hal ini memudahkan konsumen potensial mendapatkan informasi terkait penjualan produk atau jasa milik Anda bahkan informasi yang paling update sekalipun. Sehingga konsumen dapat mengikuti perkembangan produk dan informasi bisnis Anda meski terpaut jarak yang jauh.
  1. Website Dapat Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas
Website adalah media sempurna memasarkan produk Anda ke pasar yang lebih luas, bahkan ke luar negeri. Hal ini dikarenakan pengguna website bisa dari berbagai belahan tanpa terpaut jarak dan waktu selama ada koneksi internet.
Bahkan, dengan website Anda, secara tidak langsung akan menjadi sarana promosi ke kawan Anda yang berada di berbagai belahan dunia.
Hal ini tentu saja bisa karena kawan Anda akan mengingat website atau nama perusahaan Anda sehingga ketika lupa pun, kawan Anda akan melakukan pencarian di mesin pencarian.
  1. Media Katalog Produk dan Jasa
Tak peduli apapun jenis produk bisnis Anda, dengan memiliki website akan jauh memudahkan Anda memperlihatkan karya Anda.
Anda bisa memasukkan galeri foto hasil kerja Anda serta testimoni untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Anda dapat menunjukkan perbedaan bisnis Anda dengan para pesaing Anda.
Jika Anda memasarkan produk atau jasa di iklan koran, akan sangat terbatas space nya dan tidak mudah mengubah informasi terbaru. Namun jika Anda memiliki website sendiri, Anda bisa menambahkan informasi detail terkait produk atau jasa yang ditawarkan.
  1. Menghemat Waktu
Tahukah Anda, memberikan informasi kepada calon konsumen dan konsumen membutuhkan waktu lama, baik melalui telepon, email, maupun saat bertatap muka.
Setelah Anda memiliki website sendiri, orang akan mudah mengakses informasi terkait produk atau jasa Anda kapan pun dan di mana pun. Ini sangat menghemat waktu Anda.
Waktu adalah uang..!
Manfaat Memiliki Website untuk Masyarakat
  1. Sumber Informasi
Manfaat website bagi masyarakat adalah sebagai sumber informasi. Era digital saat ini, mengkondisikan masyarakat menghabiskan sebagian besar waktunya di dunia maya.
Berdasarkan penelitian APJII terkait perilaku pengguna internet di Indonesia tahun 2017, berkaitan dengan pemanfaatan internet bidang edukasi dominan di baca artikel sebesar 55,30%. Berkaitan dengan pemanfaatan internet bidang layanan publik dominan di informasi UU/peraturan sebesar 16.17%. Sedangkan pemanfaatan internet bidang ekonomi dominan di pencarian harga sebesar 45,14%.
Survei tersebut menunjukkan bahwa masyarakat sebagian besar mengakses informasi melalui media online.
  1. Menggalang Akses Sosial
Isu sosial yang terjadi saat ini bisa dengan mudahnya diakses oleh masyarakat bahkan bisa langsung ditindaklanjuti hanya dengan memanfaatkan website. Contohnya adalah Website Berita Karawang yang menyajikan Informasi seputar Karawang.
Selain itu, ada Change.org untuk menindaklanjuti aksi sosial terkait kebijakan pemerintah, mendukung atau menolak suatu fenomena sosial tertentu, mendukung atau membubarkan kelompok tertentu.
Mungkin Anda pernah memanfaatkan salah satu website tersebut.
  1. Mengakses Layanan Publik
Di era digital sekarang ini, layanan publik mulai banyak diakses melalui website.
Masih berdasarkan penelitian APJII tahun 2017, website layanan public yang banyak diakses oleh pengguna internet Indonesia: informasi UU/peraturan (16,17%), informasi administrasi (12,51%), pendaftaran SIM/KTP/BPJS/Paspor (11,78%), lapor pajak (11,12%), dan laporan pengaduan (9,58%).
  1. Sarana Hiburan
Konten yang ditawarkan oleh website ini adalah sesuatu yang bersifat menghibur kepada pengakses website.
Contoh website yang menawarkan sarana hiburan ke pengunjung website adalah https://indoxxi.bz/layarkaca21. Website ini menyediakan hiburan berupa film dari berbagai negara serta genre film dan juga bisa didownload oleh pengunjung website.
Website yang menawarkan sarana hiburan lainnya adalah website yang kontennya adalah game. Di sini pengunjung bisa mengunduh game sesuai yang mereka sukai.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Apa itu Otoritas Domain? +5 tips meningkatkannya

Kumpulan Backlink Gratis

Cara Mendapatkan Traffic Blog yang Tinggi Agar Blog Cepat Berkembang